“Kunjungan Terbaru Tim Jum’at Salam: Desa Olat Rawa dan Potensi Uniknya”

Sumbawa,  NTB – Tim Jum’at Salam dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) NTB melaksanakan kunjungan ke Desa Olat Rawa, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa pada tanggal 3 November 2023. Program Jum’at Salam merupakan inisiatif dari kepemimpinan NTB Maju Melaju yang digagas oleh Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si.

Kepala Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, M.M., menjelaskan bahwa program Jum’at Salam adalah bagian dari visi NTB Maju Melaju yang bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan di tingkat desa, dengan melibatkan 46 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB. Salah satu lokasi kunjungan adalah Desa Olat Rawa.

Menurut Kepala Desa Olat Rawa, desanya memiliki potensi yang luar biasa dan beragam, termasuk dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan pengolahan rumput laut. Potensi ini menciptakan sirkulasi ekonomi yang kuat di desa.

“Dengan potensi tersebut, kita ingin berdiskusi dengan nelayan dan ibu-ibu tentang pengelolaan rumput laut, karena Bank NTB Syariah memiliki program Jambatan Sejahtera yang bisa berkolaborasi dengan kami,” ungkapnya.

Selain itu, Tim Jum’at Salam juga bertujuan untuk memeriksa langsung infrastruktur telekomunikasi, yang masih menjadi kendala di daerah terpencil, dan menyelesaikan aspirasi-aspirasi masyarakat setempat.

“Nelayan dan masyarakat lainnya telah mengungkapkan berbagai aspirasi mereka, yang akan kami catat dan koordinasikan dengan dinas terkait di tingkat kabupaten, provinsi, serta lembaga kementerian vertikal yang beroperasi di wilayah ini,” tambah Dr. Najam.

Kepala Desa Olat Rawa, Drs. Hasanuddin, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Tim Jum’at Salam ke desanya, yang merupakan bagian dari program Jum’at Salam.

“Terima kasih, ini adalah program yang luar biasa, dan kami berharap hasil dari kunjungan ini akan segera diimplementasikan,” ujarnya.

Kepala Desa juga memaparkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat Desa Olat Rawa, termasuk dalam sektor pertanian dan peternakan. Ia berharap bahwa kendala yang selama ini dihadapi oleh warga dapat segera diatasi dan mendapatkan tindak lanjut.

Dalam pertemuan tersebut, hadir pula Kepala Dinas dan Sekretaris Diskominfo Kabupaten Sumbawa, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuda, dan warga masyarakat Desa Olat Rawa. Mereka berpartisipasi dalam diskusi yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam memajukan potensi desa dan mengatasi kendala yang dihadapi.