Kesejahteraan Desa Pungka, Sumbawa, Didukung oleh Peran Aktif Pemuda

Sumbawa – Pada hari Jumat, 3 Oktober 2023, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) beserta rombongan, didampingi oleh Kepala Bidang Pemuda dan Kepemudaan serta Pejabat Fungsional bidang Sarana Prasarana dari Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, melakukan kunjungan ke Desa Pungka, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa. Kunjungan ini merupakan bagian dari program “Jumat Salam,” yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan meresapi aspirasi masyarakat setempat.

Dalam agenda “Jumat Salam” yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Bidang Pemuda Disporpar Kabupaten Sumbawa, Sekretaris Desa Pungka, Badan Perwakilan Desa (BPD), Babinsa, Babinkantibmas, Ketua Penggerak PKK, Kepala Dusun, dan perwakilan dari RT dan RW setempat, berbagai isu penting dibahas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Pungka.

Beberapa poin penting yang diangkat dalam pertemuan tersebut meliputi:
1. Potensi Wisata Bendungan Tertunda : Desa Pungka memiliki potensi wisata berupa bendungan yang dapat dijadikan destinasi wisata. Sayangnya, pembangunan potensi tersebut terhambat akibat anggaran yang dialihkan untuk penanganan pandemi COVID-19.

2. Sarana Olahraga : Meskipun memiliki luas lahan lapangan olahraga seluas 45,46 are, pembiayaan untuk pemeliharaan dan pengembangan lapangan tersebut masih berjalan secara mencicil.

3. Penanganan Sampah : Permasalahan penanganan sampah di Desa Pungka masih belum optimal dan memerlukan perhatian lebih.

Desa Pungka, dengan jumlah penduduk sekitar 1990 orang, mayoritas di antaranya adalah petani dan peternak. Potensi pertanian dan peternakan di desa ini sangat jelas terlihat saat Tim Dinas Pemuda dan Olahraga NTB melihat sawah, perkebunan, dan peternakan yang subur.

Sekretaris Desa Pungka menyatakan bahwa pemuda setempat memiliki potensi besar dan peran yang aktif dalam pengembangan berbagai bidang, termasuk olahraga. Kepala Bidang Pemuda Disporpar Kabupaten Sumbawa menggarisbawahi pentingnya pemuda berperan aktif dalam pengembangan potensi desa. Dengan mayoritas penduduk bekerja di sektor pertanian dan peternakan, pemuda di Desa Pungka diminta untuk berpikir kreatif dan memanfaatkan teknologi dalam pemasaran produk-produk pertanian.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB mengacungi jempol kepada pemuda di Kabupaten Sumbawa yang meraih prestasi gemilang pada tahun 2023, termasuk Juara 1 dan 3 dalam acara Pemuda Pelopor tingkat provinsi. Hal ini menunjukkan potensi luar biasa pemuda di wilayah ini, termasuk di Desa Pungka. Diharapkan pemuda dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk kemajuan desa.

Terutama, terkait potensi wisata bendungan di Desa Pungka, Dinas Pemuda dan Olahraga NTB berharap pemuda dapat aktif terlibat dalam pengembangan destinasi wisata ini. Pemuda diharapkan menjadi pilar utama pembangunan yang membawa perubahan positif dalam masyarakat dan ekonomi, dengan ide-ide kreatif, energi, dan inovasi mereka.

Kadispora NTB juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan pemerintah setempat untuk menangani masalah pengelolaan sampah yang belum optimal.

Sekretaris Desa Pungka bersama masyarakat setempat mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan program “Jumat Salam.” Mereka berharap program ini akan berlanjut, sehingga Desa Pungka dapat terus menyuarakan aspirasi dan mendapatkan solusi untuk kemajuan desanya.