“Pengukuhan Sejarah: Hj. Sumiatun Resmi Menjadi Bupati Perempuan Pertama di Lombok Barat”

Senin, 13 November 2023 – Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB

Penjabat Gubernur NTB, Drs H Lalu Gita Ariadi, M.Si, secara resmi melantik Hj. Sumiatun sebagai Bupati Lombok Barat dalam sebuah upacara yang berlangsung di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB pada hari Senin, 13 November 2023. Hj. Sumiatun mencatat sejarah sebagai Bupati perempuan pertama di wilayah yang dikenal dengan sebutan gumi Patuh, Patut, Patju.

Pengangkatan Hj. Sumiatun sebagai Bupati Lombok Barat bukanlah tanpa alasan, melainkan sebagai pengganti Fauzan Khalid, Bupati sebelumnya, yang memutuskan mengundurkan diri untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI. Hj. Sumiatun sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Lobar.

Dalam kesempatan penting tersebut, Pj Gubernur Miq Gite memberikan beberapa amanat yang sangat relevan dengan kondisi terkini. Salah satunya adalah mengenai stabilitas ekonomi dan harga bahan pokok yang terjangkau bagi masyarakat. Miq Gite juga menekankan pentingnya stabilitas sosial, terutama dalam menyambut tahun politik yang akan datang.

Pj Gubernur tidak lupa mengajak Bupati baru untuk menjalin sinergitas dengan Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh lapisan masyarakat. Tujuannya adalah menciptakan suasana yang kondusif menghadapi pemilu dan pilkada yang akan berlangsung pada tahun 2024.

“Dengan keberadaan Ibu Bupati di Lobar selama ini, saya yakin akan mampu menciptakan suasana kondusif menjelang pemilu dan pilkada 2024 mendatang,” ujar Miq Gite.

Pada akhir sambutannya, Pj Gubernur mengajak semua pihak untuk menyambut tahun politik dengan penuh kegembiraan. Miq Gite berharap agar Pemilu dan Pilkada di Provinsi Nusa Tenggara Barat berlangsung aman tanpa adanya konflik berkepanjangan.

“Mari kita sambut pesta demokrasi dengan riang gembira, menjauh dari konflik berkepanjangan,” tandasnya, memberikan sentimen positif terhadap proses demokrasi yang sedang berlangsung di daerah tersebut.